Tertipu Aki GS Palsu ( Cara memilih aki / accu GS Astra yang asli )



Beberapa hari ini mobil panther saya aki nya bermasalah. Beberapa kali terpaksa minta tolong orang dorong mobil karena tidak bisa starter. Padahal itu aki, baru diganti dengan aki GS 1 tahun yang lalu (tepat bulan april). Yang ganti bukan saya sih, tapi ayah saya. Akhirnya karena sudah gemes ayah saya putuskan ke bengkel dinamo, di cek tidak ada masalah, dan disarankan cek aki. Dia datangi toko aki di dekat rumah Jago Aki buat cek kondisi aki. Di cek voltasenya dan semuanya baik, tapi katanya cell / sel aki rusak. Tandanya akinya panas sekali, sampai air akinya berbuih. Saya dilaporin saya masih diam saja, karena saat itu pengeluaran sedang banyak2 nya. Saya coba browsing-browsing cari caranya memulihkan aki yang sel nya rusak. Ada yang bilang dikuras, terus diisi air aki zuur kembali dan dicharge. Ada yang bilang biar awet aki lebih baik diberi campuran EDTA, dsb dsb dsb. Saya belikan campuran EDTA-nya, sudah dicampurkan juga tuh sama orang bengkel. Untuk 2 hari mobil panther saya masih bisa di starter pagi hari tapi tadi pagi kembali bermasalah dan harus didorong.

Karena geram pagi-pagi dibangunin disuruh dorong mobil akhirnya siang ini saya datangi toko aki lain. Begitu di buka kap mesin, saya baru lihat kalau akinya berasap, bahkan tidak  sampai buka tutup aki, teknisi nya sudah bilang kalau cell aki nya rusak. Lalu mulailah saya berdebat, loh ini accu GS baru dibeli 1 tahun yang lalu masa sudah rusak. Teknisi nya bilang ini bukan aki GS mas, tapi GiSi. Huruf i nya kecil banget, jadi terkesan tulisannya GS. ckckck

Teknisinya menegaskan hati-hati kalau beli accu GS, karena banyak penjual aki yang nakal, diminta aki GS yang diberi justru aki GS yang lain. Panas juga hati ini dengar kalau sudah tertipu Aki GS palsu, dibohongi oleh penjual aki yang dulu. Sebenarnya sih bukan aki GS palsu, tapi penjualnya aja yang nakal memberikan aki yang lain yang tampaknya mirip GS. Karena itu bagi kalian yang mau beli aki GS, hati-hati banyak yang palsu.

Berikut cara memilih aki GS Astra yang asli :

    • Accu GS yang asli tidak ada singkatannya
      Hanya tertulis GS, bukan GiSi atau Garuda Sakti atau Gold Shine atau Gold Star, dll. Ingat biasanya yang ditonjolkan besar-besar hanya huruf GS nya saja. Singkatannya ditulis kecil-kecil biar tidak mencolok, biar pembeli tidak tahu kalau dia sedang dibohongi.
    • Ciri-ciri aki GS yang asli itu dibawahnya ada tulisan nama pabriknya PT. GS Battery dan juga ASTRA Otoparts
    • Lihat tutup akinya
      Ingat kalau aki GS Astra yang asli itu ada huruf GS nya

 

Kiranya 3 ciri diatas cukuplah untuk membedakan dan memilih mana aki GS yang asli dan mana yang bukan. Kira-kira gambarnya yang asli seperti di bawah ini lah. Ingat ada Astra Otoparts nya. Oiya bagi yang merasa artikel ini berguna, jangan lupa share ya. Juga bagi yang ingin menambahkan sesuatu, silahkan berkomentar dibawah. Lain kali saya akan coba tulis hasil temuan saya, cara merawat aki dengan benar  :-D

aki-gs2

 

 

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini