Penggunaan cc, bcc pada email



fungsi cc bcc pada emailSaya percaya semua dari kita pernah menggunakan email. Namun tidak semua tahu penggunaan cc dan bcc pada email. Baik gmail, yahoo mail, hotmail maupun fasilitas email yang lain, pastilah sudah memiliki fasilitas cc dan bcc ini, sayang tidak semua tahu penggunaan fasilitas ini.

Ada tiga 3 kolom yang disediakan pada email, yaitu ‘to’, ‘cc’, ‘bcc’. Kita akan bahas satu persatu:
to

Kolom ‘to’ diisi dengan alamat penerima utama email kita. Bisa diisi dengan hanya 1 alamat email atau lebih. Anda dapat mengisi lebih dari satu alamat email dengan menggunakan tanda koma sebagai pemisah antar alamat email. Contoh: abcd@gmail.com, efgh@gmail.com, ijkl@yahoo.com. Perhatikan bahwa masing-masing penerima email akan mengetahui kepada siapa saja email tersebut ditujukan.
cc (carbon copy)

Jika anda sering menulis nota anda pasti tahu fungsi cc. Fungsinya sama seperti kopi karbon pada nota. Fungsinya adalah membuat kopi dari email yang dibuat. cc dapat diisi dengan alamat email pihak ketiga sebagai bukti bahwa kamu telah mengirimkan email tersebut, misalnya alamat email kantor. Semua alamat email baik yang ada pada ‘cc’ maupun ‘to’ dapat saling melihat alamat email masing-masing, dikirimkan kemana saja email tersebut, termasuk copynya.
bcc (blind carbon copy)

Tujuan bcc adalah menutupi semua alamat email yang ada sehingga penerima email tidak dapat mengetahui email tersebut ditujukan kemana aja. Email tersebut seakan-akan ditujukan hanya kepada penerima email. Hal ini difungsikan untuk menghindari email spam, biasanya dipakai pada mailing list yang mengirimkan email pada banyak orang sekaligus. Penggunaannya yaitu dengan mengisikan alamat email anda sendiri pada kolom ‘to’, kemudian semua alamat email penerima pada ‘bcc’.

catatan: Jika anda mengisi alamat email pada kolom cc, hal ini tetap dapat terlihat oleh penerima email bcc.

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini