Mengapa Memasang Iklan Adsense di Blog Indonesia Kurang Menguntungkan



Setelah sekian lama blog ini tidak aktif karena terkena dampak serangan Google Penguin yang melejitkan website ini di peringkat antah berantah, kali ini saya berkeinginan membangun blog ini dari awal (blog yang lama saya pindahkan ke (http://cara-membuatwebsite.com). Saya berusaha mengisi website ini dengan berbagai tutorial dan tips-tips menarik dan memasang iklan Adsense sebagai penghasilan dari blog ini.

Tidak salah kan? Saya kan juga butuh makan, masakan saya berlelah-lelah menulis artikel yang informatif dan menarik tanpa keuntungan apapun. Kalau terjadi seperti itu terus menerus, lama kelamaan saya akan kurang motivasi untuk membuat artikel yang bagus dan bermanfaat bagi para pembaca blog ini. hehe

Cukup chit-chat nya sekarang kembali ke topik “mengapa memasang iklan adsense di blog indonesia kurang menguntungkan”.

Setelah saya pasang iklan adsense di blog ini, saya pelajari lebih lanjut saya merasa rugi karena iklan Adsense yang tampil di blog saya sangat sedikit. Malahan kebanyakan iklan yang keluar adalah iklan dari google sendiri, yaitu GMAIL, GOOGLE CHROME, GOOGLE HANGOUT. Kita tahulah kalau iklan google sendiri yang diklik orang pastilah nilai perkliknya sangat-sangat sedikit, atau mungkin bahkan orang dak niat ngeklik karena toh sudah tahu semua tentang produknya google.

Sangat aneh sekali kalau iklan adsense yang tampil cuma sedikit, karena artikel yang saya buat, saya cukup tahu kalau pengiklannya cukup banyak. Ambil contoh artikel ini Tips-tips Memakai Lantai Kayu (Artikel ini saya buat selain sebagai panduan memakai lantai kayu, juga untuk mengoptimalkan website klien SEO saya yang saat ini di peringkat 2 hehe). Keyword lantai kayu merupakan keyword yang cukup banyak pemasang iklannya.

KOK BISA TAHU? Coba saja cari di google dengan keyword lantai kayu. Saat artikel ini dibuat ada 6 iklan penjual lantai kayu yang muncul di halaman pencarian google. Coba dibandingkan dengan iklan adsense yang muncul di artikel web saya tadi. Iklan adsense yang muncul adalah iklan yang menjual rumah yang furniturnya dari kayu jati, iklan dari rumah.com, sedangkan iklan yang di kanan adalah iklan banner google chrome. Betapa tidak berhubungannya dengan isi artikel saya.

DIMANA 6 IKLAN PENJUAL LANTAI KAYU ITU? Kok yang keluar iklan jual rumah, sama google chrome, kok bukan jualan lantai kayu. Kalau gitu caranya kemungkinan iklan itu diklik kan kecil sekali (CTR rendah). Saya jadi geram
Kemudian saya ingat pengalaman saya dulu beriklan di google Adwords. Bagi yang belum tahu google adwords saya akan terangkan sedikit, Google adwords adalah tempat bagi pemasang iklan untuk mengiklankan produknya di google (bayar per valid klik), sementara Google Adsense adalah tempat bagi pemilik blog (publisher) untuk menampilkan iklan Adwords tadi di blognya. Dengan demikian seharusnya 6 iklan lantai kayu tadi seharusnya tampil di blog saya, tapi kenyataannya tidak.

MENGAPA DEMIKIAN? Berdasarkan pengalaman saya di adwords saya tahu kalau pengiklan Adwords bisa menentukan sendiri atau lebih tepatnya diberi pilihan apakah hendak memasang iklan di halaman pencarian google saja atau juga di web-web publisher, apakah hendak menggunakan format iklan teks saja atau iklan banner juga. Sayangnya banyak pengiklan Adwords di INDONESIA tidak benar-benar tahu hal ini, mereka memasrahkan pemasangan iklan Adwords kepada “Calo” yang juga tidak benar-benar mengerti Adwords (termasuk klien SEO saya, Calo Adwordsnya bukan saya loh ya =-) ).

AKIBATNYA APA?

    • GOOGLE kaya, sementara Publisher Blog /Pemilik Blog tetap miskin
      Jika iklan langsung di klik dari halaman pencarian Google, maka uang pengiklan 100% tersedot oleh google, tidak dibagi dengan pemilik blog yang iklan di blognya diklik pengunjung.
    • Iklan Adsense yang tampil di blog kurang relevan dengan isi blog
      Karena tidak ada iklan yang dapat ditampilkan di blog, maka iklan lain yang sekiranya berhubungan dengan konten / isi artikel ditampilkan sebagai iklan pengganti, seperti contoh tadi iklan rumah dari kayu jati muncul di blog tentang lantai kayu. Jika tetap tidak ada iklan yang relevan, maka iklan yang muncul adalah iklan dari google sendiri.
    • Bagi Pengiklan Adwords: Iklan yang ditampilkan tidak variatif dan menarik
      Karena para pengiklan adwords tidak benar-benar paham tentang adwords, akhirnya iklan yang dipasangpun hanyalah iklan teks, tidak ada iklan banner. Iklan teks yang dipasangpun tidak variatif, seharusnya pengiklan adwords mampu memasang beberapa iklan sekaligus, untuk mencari iklan mana yang paling banyak mengundang klik dari pengunjung. Iklan yang paling banyak mengundang klik akan lebih sering ditampilkan, tetapi kenyataannya yang saya lihat satu iklan dipasang berulang-ulang tidak berubah sama sekali sampai berbulan-bulan (Iklan dari Klien SEO saya).


Saya sangat berharap Team Google membaca posting artikel keluhan saya ini, dan menindaklanjuti dengan bijak permasalahan yang sangat merugikan publisher-publisher di Indonesia ini.

Pesan saya juga, jika anda ingin memasang iklan di google harus lihat-lihat calonya. Cari yang benar-benar berpengalaman. Boleh minta tolong saya juga kalau mau pakai jasa saya hehe

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini