Membuat auto shutdown windows tanpa Program



Auto Shutdown Windows tanpa programMembuat auto shutdown windows tanpa Program

Teman-teman kali ini saya bagi sedikit info bagi temen-temen yang sering menggunakan program berat seperti autocad, 3Dmax, atau bahkan program-program lain yang butuh waktu lama berjam-jam untuk selesai. Mungkin kalian sering ketiduran, menunggui komputer  menyelesaikan pekerjaan kalian tersebut. Kalian bangun pagi komputer masih dalam keadaan menyala. Yang jelas, pastilah komputer / laptop anda panas , yang kedua tentu listrik anda membengkak. Nah kalau itu yang terjadi saya sarankan anda menggunakan auto shutdown, dengan demikian masalah anda akan sedikit teratasi paling tidak CPU/Laptop anda tidak kepanasan karena menyala seharian (mengurangi umur CPU), listrik anda juga tidak membengkak tentunya.

Auto shutdown bisa dilakukan dengan program tentunya. Untuk link download auto shutdown windows ini belum saya sertakan, namun saya ingin memberikan alternatif bagi kalian agar kalian tidak perlu menginstall program apapun untuk shutdown komputer anda. Gunakan saja command prompt  untuk auto shutdown komputer anda.

Caranya:

  1. klik start – run (untuk windows XP), untuk windows 7 gunakan tombol windows pada keyboard bersamaan dengan huruf R
  2. kemudian ketikkan cmd lalu klik ok
  3. akan terbuka kotak dialog command prompt
  4. ketikkan shutdown -s -f -t 60

ket: Angka 60 itu didalam detik, anda dapat menggantinya dengan angka berapapun juga. Semisal anda butuh waktu 1 jam untuk menyelesaikan tugas anda kemudian shutdown komputer. Cukup ganti angka 60 dengan 3600, maka komputer akan otomatis mati setelah 1 jam.

Untuk membatalkan auto shutdown ini anda cukup mengulangi langkah 1-3 diatas, jika sudah masuk di command prompt ketikkan shutdown -a maka otomatis shutdown akan dibatalkan.

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini