Mau beli HP GSM atau CDMA ya ?



Jaringan GSM atau CDMA
GSM atau CDMA, hmm.. kebanyakan orang kebingungan ketika hendak membeli HP, mana yang lebih baik beli hp GSM atau CDMA. Hari ini belajarsendiri.com akan mencoba membantu pembaca menentukan pilihan antara keduanya.

Sebelumnya perlu kita ketahui apa perbedaan dari keduanya. Walaupun dari bentuk, dan sim card keduanya sama, tapi mereka berbeda jaringan loh. GSM ialah singkatan dari Global System for Mobile, cara kerjanya sebenarnya ialah dengan mengirimkan data pengguna menggunakan prinsip sewa waktu. Biasanya sering disebut timeslot. Jadi sistem yang digunakan ialah TDMA (Time Division Multiple Access), yaitu sistem sewa waktu, jadi 1 gelombang hanya dapat digunakan satu pengguna pada suatu waktu. Karena itulah menelepon dengan GSM umumnya jarang putus, selain itu suara yang dihasilkan lebih nyaring dan jelas, karena ketika anda sedang akses, maka orang lain tidak bisa akses pada gelombang yang sama.

Kelebihan lainnya adalah jaringannya yang lebih luas. Perlu diketahui bahwa era CDMA baru mulai kira-kira 10 tahun yang lalu. Jadi masalah tower pemancar dan keluasan jaringan, GSM jauh lebih luas. Sedangkan kelemahan GSM adalah harganya yang mahal jika dibandingkan CDMA. Kekurangan lainnya adalah tidak adanya keamanan dalam jaringan. Pembicaraan yang dilakukan di jaringan GSM mudah bocor. Hal ini disebabkan karena penggunaan sistem timeslot atau sewa waktu bergantian. Dengan mudah orang lain dapat mengakses informasi dari pemakaian anda sebelumnya.

Bagaimana dengan CDMA? CDMA adalah singkatan dari Code Division Multiple Access. Seperti namanya setiap pengguna mendapatkan suatu kode akses, jadi informasi jauh lebih aman. Selain itu harganya juga jauh lebih murah dibandingkan GSM. Namun perlu diketahui, kalau penggunaan CDMA berarti menggunakan jaringan secara bersama-sama pada suatu waktu. Setiap orang dapat mengakses jaringan yang sama tapi dengan kode akses yang berbeda. Akibatnya sambungan komunikasi lebih mudah terputus, dan suara yang dihasilkan juga kurang jernih, karena dipakai secara bersama-sama. Mungkin itu jugalah penyebabnya harganya bisa lebih murah dari GSM.

Kelemahan lainnya adalah jaringannya yang kurang luas. Umumnya jaringan CDMA hanya dipasang di kota-kota besar. Bahkan teman saya dari wilayah NTT mengaku kalau tidak ada jaringan CDMA di kota asalnya. Di kota asalnya GSM yang berjaya adalah Telkomsel, GSM-GSM lain seperti three, axis belum menyentuh wilayahnya, apalagi CDMA  :-D

Jadi mana yang lebih baik beli HP GSM atau CDMA, itu semua tergantung anda. Jika anda ingin kenyamanan berkomunikasi, dengan suara yang jelas dan jarang terputus, akan lebih baik menggunakan GSM. Tapi jika ingin yang murah lebih baik pakai CDMA atau gunakan dua-duanya di HP yang bisa combo GSM-CDMA, tapi saya sendiri kurang menyarankan, karena HP combo bekerja di 2 gelombang jaringan yang berbeda, baterai boros dan cepat habis. Saya juga pernah dengar katanya HP combo GSM-CDMA lebih cepat rusak, tapi ini saya belum tahu kebenarannya loh.

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini