Antara Google+ dan Facebook, Mana yang Lebih Unggul?



Facebook dan Google Plus mana lebih unggul?Sejak terkenalnya facebook di seluruh dunia, raksasa mesin pencari google mulai memasang ancang-ancang untuk mengalahkan facebook melalui sosial media. Hal ini diwujudkannya dengan membuat sosial media baru yaitu google plus. Karena bertujuan mengalahkan dominasi facebook di bidang sosial media, maka tentulah google plus dilengkapi berbagai kelebihan dan keunggulan jika dibandingkan facebook. Namun demikian sampai hari ini google plus nyatanya belum memenangkan persaingan dengan facebook. Mengapa demikian?

Kali ini belajarsendiri.com akan coba mengupas dan membandingkan keunggulan dan kelemahan kedua sosial media terbesar ini.

Tujuan Pembuatan Google Plus vs Facebook

Facebook didesain dengan konsep mempertemukan orang dengan teman-teman lamanya yang mungkin sudah terpisah jauh dan tidak pernah bertemu lagi. Dengan facebook, menemukan teman lama jadi sangat mudah. Sedangkan Google Plus didesain untuk membuat teman baru, menemukan orang yang menarik dan menemukan sesuatu yang baru dan menarik. Ini bukan berarti bahwa di facebook anda tidak bisa menemukan hal baru, ataupun di google plus tidak bisa menemukan teman lama. Saya bilang seperti itu karena pada kenyataanya memang google plus didesain dengan tampilan dimana kamu bisa menemukan apa yang kamu lihat dan dari siapa, sementara berusaha menampilkan  orang-orang yang berkaitan dengan topik yang kamu sukai, konten-konten yang menarik langsung di halaman depan.

Fitur-Fitur Google Plus yang Tidak Ada di Facebook

    • Jumlah Teman Tidak Dibatasi
      Lain halnya seperti facebook dan sosial media – sosial media yang lain, jumlah teman yang dapat kamu add tidak dibatasi oleh google plus. Ini mungkin disebabkan kekuatan server google jelas jauh melebihi server facebook.
    • Update Tidak Terbatas
      Beda halnya dengan facebook, yang membatasi jumlah karakter, google plus membebaskan anda menulis sesuka anda. Saya percaya salah satu penyebabnya adalah tujuan google plus yang lebih mengedepankan informasi, daripada sekedar sharing status
    • Teman bisa dikelompokkan
      Dengan penggunaan circle yang tidak terbatas, anda bisa mengelompokkan teman-teman anda. Anda bisa menentukan circle group / kelompok mana yang dapat melihat posting anda. Jadi ketika posting, anda bisa posting info yang berbeda pada kelompok teman yang berbeda. Jadi manajemen teman nya lebih baik, bahkan dari facebook group sekalipun. Ingat, jumlah circle tidak dibatasi
    • Menu Chat bisa di On / Off kan sesuka hatigoogle plus on off chat
      Jika anda sering terganggu ketika malam hari dengan chatting-chatting dari temen facebook, pada google plus ini tidak lagi menjadi masalah. Google plus memberikan pilihan lebih leluasa kepada anda
    • Video Chat Bersama
      Lewat facebook, anda bisa juga melakukan video chat dengan teman anda, tapi hanya ber 2 lo. Kalau Google plus anda dapat video chat ramai-ramai dengan beberapa orang sekaligus.
    • Nonton Youtube atau film bersama-sama
      Pernah kebayang dak, nonton pertandingan sepakbola bersama-sama teman chatting, ato nonton video youtube sama-sama. Di Google plus anda dapat melakukannya, kamu bisa mengirim video atau film yang ingin kamu tonton bersama-sama dengan teman kamu.
    • Telpon gratis
      Sayang fitur ini baru tersedia di amerika dan kanada. Pengguna google+ disana dapat menelepon teman-temannya yang nomernya sudah tersimpan di account google plus secara gratis.
    • Pencarian Lebih Lengkap
      Berhubung google+ milik google, dan juga didesain dengan konsep informasi, maka google plus menyematkan fitur pencarian yang lebih menyeluruh bahkan sampai pencarian web, langsung dari halaman google plus. Berbeda dengan facebook, yang pencariannya hanya sebatas halaman-halaman yang ada di facebook saja.
    • Tampilan Bersih
      Beda halnya dengan facebook yang penuh iklan, google+ tampilannya bersih bebas dari iklan. Jadi anda bisa lebih fokus menemukan informasi yang anda butuhkan

Walaupun banyak kelebihannya namun jangan salah, facebook tetap memiliki keunggulan yang tidak dimiliki google+

Keunggulan Facebook dibandingkan Google +

    • Loading cepat dan ringan
      Jika dibandingkan dengan google+ yang relatif lebih berat karena penuh javascript, berselancar dan menyapa teman-teman di facebook jauh lebih menyenangkan. Karena loading lebih ringan, jadi untuk internet yang lambat akan lebih nyaman dengan facebook.
    • Tidak ada batasan usia
      Jika anda pengguna google+ anda pasti tahu bahwa untuk mendaftar google+ anda harus berusia diatas 18 tahun. Berbeda dengan facebook, smua orang boleh membuat account di facebook tanpa batasan usia
    • Layanan gratis via mobile 0.facebook.com
      Dengan mengutamakan koneksi dan menjalin persahabatan, facebook memberikan layanan gratis untuk bersosialisasi dengan handphone. Layanan ini dapat diakses melalui 0.facebook.com. Google+ tidak menyediakan layanan ini.
    • Akses facebook dapat dinikmati handphone standar
      Mengakses facebook tidak perlu dengan handphone canggih. Handphone biasapun bisa mengakses facebook. Sementara itu google+ baru dapat dinikmati oleh handphone-handphone yang tergolong smartphone.

 

Melihat berbagai kelebihan dan kekurangan facebook dan google+ diatas, seharusnya google+ menang telak dari segi fitur, tapi entah mengapa  pada kenyataannya pengguna facebook masih jauh lebih banyak daripada google+ , terutama yang saya soroti ini di Indonesia. Kelihatannya ini disebabkan karena facebook lebih berfokus untuk membantu orang membangun hubungan daripada google plus yang lebih mengedepankan informasi. Akibatnya di negara-negara yang tingkat sosialnya sangat tinggi seperti Indonesia, jelaslah facebook pemenangnya.  :yes:

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini