Cara Merawat Laptop agar Awet & Tahan Lama



Laptop sudah bukan lagi barang mewah, tapi lebih ke arah kebutuhan. Saat ini dengan harga yang cukup terjangkau anda dapat membelinya. Bahkan saya bisa katakan bahwa penggunaan laptop sekarang, hampir menggeser penggunaan desktop PC yang lebih boros listrik. Namun demikian, perlu diperhatikan juga bahwa kekuatan dan daya tahan laptop tidak sebanding dengan komputer biasa (desktop PC). Karena itu perawatannya pun harus diperhatikan agar laptop anda tetap awet untuk jangka waktu yang lama.

cara merawat laptop notebook

    • Pakai Baterai atau Colok Listrik
      Jika ingin agar baterai tetap awet memang benar anda bisa lepas baterai dan langsung colok listrik. Tapi, inilah kelemahannya, jika anda langsung tancapkan kabel listrik tanpa menggunakan baterai maka jika listrik rumah anda tidak stabil atau tiba-tiba listrik mati, maka itu cepat atau lambat akan merusak komponen-komponen yang ada di dalam laptop anda. Ingatlah bahwa komponen-komponen laptop itu jauh lebih mahal dari PC. Karena itu saran saya, lebih baik baterai tetap dipasang sekalipun dicolok listrik. Jadi walaupun tegangan listrik rumah tidak stabil, tegangan yang masuk ke laptop tetap stabil, karena laptop menggunakan energi listrik baterai. Jangan kuatir overcharge karena pada laptop-laptop baru, sudah diberikan proteksi untuk mencegah kelamaan charge yang dapat merusak baterai notebook.
    • Hindari Panas Berlebih
      Jika anda ingin laptop anda awet, maka hindari panas berlebih. Pemakaian dalam jangka waktu lama, akan menaikkan suhu didalam laptop. Jika memang anda harus menggunakannya untuk waktu yang lama, akan lebih baik jika anda mengoperasikannya di ruangan yang ber AC, atau gunakan coolpad yaitu semacam kipas untuk menjaga suhu laptop tetap stabil.
    • Perhatikan alas tempat menaruh laptop / notebook
      Ketika digunakan, notebook harus ditempatkan pada alas yang rata, dengan tujuan agar sirkulasi panas dapat dikeluarkan dengan baik. Umumnya pembuat laptop mendesain lubang-lubang ventilasi panas dari bawah dan juga samping. Karena itu jika anda menaruhnya di tempat yang tidak rata, seperti diatas ranjang/bantal, maka laptop akan masuk dalam cekungan sehingga panas dari dalam laptop tidak bisa dikeluarkan, akibatnya komponen-komponennya akan cepat rusak. Karena itu jika anda hendak berinternet atau di ranjang, saya sangat sarankan anda menggunakan alas yang rata seperti alas laptop ini
    • Sering Defrag laptop anda
      Defrag adalah cara untuk merawat hard disk notebook anda. Selain itu dengan rutin di defrag, maka kinerja laptop anda akan tetap terjaga. Ketika anda menginstal windows, juga disertakan aplikasi untuk mendefrag notebook anda. Caranya: pada windows 7, anda cukup klik start dan pada kolom search ketikkan disk defragmenter. Akan keluar aplikasi disk defragmenter, klik saja. Lalu pilih drive yang akan di defrag, kemudian klik defrag. Windows akan mendefrag hard disk anda.
    • Anti Virus juga harus dipasang
      Anti virus juga diperlukan, karena ada beberapa virus yang masuk ke komputer anda, bukan hanya dapat membuat software windows dan data-data anda rusak, tapi juga dapat membuat laptop anda restart-restart sendiri dsb. Ini tentu saja dapat merusak komponen yang ada didalam laptop

Artikel tips belajarsendiri.com kali ini didasarkan pada pengalaman saya sendiri, dan juga rangkuman berbagai sumber. Perlu diketahui bahwa laptop saya ini sudah saya pakai 2 tahun lebih, dengan pemakaian rata-rata 8-10 jam perhari, namun tidak pernah rusak. Simaklah baik-baik dan coba terapkan tips-tips dan cara merawat laptop /notebook dari saya ini agar laptop anda awet dan tahan lama.

Tertarik untuk membeli laptop, jangan lupa kunjungi toko laptop satu ini

 

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini