Cara Mengenali Kode Ukuran Ban Mobil dan Artinya



Cara Mengenali Kode Ukuran BanBeberapa hari yang lalu, saya disibukkan dengan kondisi ban mobil saya yang sudah keluar kawatnya. Karena sudah sedemikian parahnya akhirnya saya terpaksa membeli ban mobil baru, sesuai kriteria ukuran ban mobil yang lama. Pada dasarnya, setiap ban mobil diberi kode ukuran ban oleh pabriknya. Untuk membeli ban mobil baru, anda cukup datang ke toko ban dan menyebutkan kode ukuran ban anda, maka penjual ban, akan memaparkan berbagai pilihan merk ban, DUNLOP, Bridgestone, GT Radial, dll. Ingat, setiap tipe mobil, mempunyai kode ukuran ban tertentu, membeli ban dengan kode ban yang tidak sesuai dengan standar pabriknya pasti ada resikonya loh.

Ok, cukup chit chatnya, sekarang lihat ban mobil anda masing-masing. Kalau mobil saya kodenya seperti ini 185/70 R14, kita akan bahas satu persatu kode ban ini.

185 ini menyatakan lebar ban, jadi kalau pada ban mobil saya, lebar bannya adalah 185 mm.

70, menyatakan rasio perbandingan tinggi dan lebar ban yang dinyatakan dalam persen. Jadi dalam kasus saya, tinggi ban saya adalah 70% x 185mm = 129.5 mm.

Sedangkan R14 (Radius 14 dan bukan Ring 14) itu berarti diameter ban saya adalah 14 inchi / 14″. Lebih tepatnya ban mobil saya, bakal cocok dipasang dengan velg 14″

Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini

mengenali kode ban

 

Sebenarnya saat ini, ada banyak orang berusaha mengganti ukuran ban mobil standar mereka dengan berbagai ukuran lain. Memang kelihatannya lebih gagah dan sporty dengan menggunakan ban besar. Tapi perlu diketahui juga batas maksimum ukuran ban yang cocok buat mobil anda serta resiko-resikonya. Di kesempatan lain, saya akan bagikan hal ini, jangan lupa terus ikuti blog saya belajarsendiri.com

 

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini