Cara Memperbaiki Memory Card Tidak Terbaca



Seperti yang kita tahu, saat ini memory card adalah produk wajib bagi para pemilik hp smartphone. Entahkah itu android, apple, blackberry, ataupun yang lainnya. Bahkan memory card ini jugalah barang wajib bagi para pemilik kamera digital, ataupun handycam. Namun bagaimana jadinya jika saat anda memasukkan memory card ke HP / Kamera anda, hp dan perangkat digital anda tidak dapat mengenali memory card anda. Kali ini belajarsendiri.com akan mencoba mengulas cara memperbaiki memory card tidak terbaca oleh HP dan perangkat digital lainnya.

Pada dasarnya memory card dilengkapi dengan garansi seumur hidup oleh vendornya, entahkah sandisk, vgen, atau lainnya. Tapi saya percaya anda tidak akan menggaransikan memory card anda jika tidak benar-benar tidak bisa diperbaiki lagi, karena proses penggaransiannya yang cukup rumit, belum lagi harganya yang tidak terlalu mahal, kecuali jika anda membeli memory card yang berkapasitas besar 64 Gb / 128 Gb.

Berikut tips-tips yang dapat anda lakukan, sebelum memastikan memory card anda benar-benar rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi.

    • Pastikan settingan hp anda benar. Di hp smartphone seperti Android dan Blackberry ada settingan khusus untuk memory card, apakah hendak menggunakan memory card sebagai external memory yang terbaca komputer atau tidak. Jika settingan ini aktif, anda bisa menghubungkan hp anda ke laptop, maka laptop anda akan mengenali external memory card di hp. Tapi ingat ketika laptop anda sedang terhubung ke hp anda, maka hp anda tidak dapat mengenali memory card anda, ini normal.
    • Jika semua settingan benar, namun masih tidak terbaca, coba matikan HP anda, kemudian buka memory card anda, dan masukkan ke handphone atau perangkat digital lainnya. Amati apakah masih tidak terbaca. Jika kebingungan, coba saja masukkan ke card reader dan hubungkan ke laptop atau komputer, jika bisa berarti masalahnya bukan di memory card tapi di hp anda. Mungkin settingannya tidak benar.cara memperbaiki memory card tidak terbaca
    • Jika masih tidak bisa, keluarkan memory card dari hp atau perangkat digital lainnya. Ambillah penghapus pensil, dan gosok-gosoklah lempengan kuning yang ada pada memory card sampai bersih lagi. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan medan magnet yang umumnya memicu kerusakan pada memory card. Sekarang coba pasang lagi di HP.

Jika ketiga cara di atas tidak bisa, kemungkinan anda harus menggaransikan memory card anda kepada dealer vendor masing-masing.
catatan: saya tidak sarankan untuk memformat memory card, karena bagaimana bisa format, kalau terbaca saja tidak. Memory card perlu diformat, hanya jika terserang virus, yang tidak dapat dibersihkan oleh anti virus

Sebenarnya kemungkinan memory card rusak itu sangat jarang, kecuali jika anda sering melakukan beberapa kesalahan ini.

Berikut penyebab memory card rusak.

* Sering di pindah-pindah

Jika anda ingin memory card anda tetap awet, sebisa mungkin hindari kebiasaan suka memindah-mindahkan kartu memori dari satu hp ke hp lain, karena memory card akan perlu sering-sering menyesuaikan diri dengan tempat, dan sistem operasi yang baru. Apalagi sekarang setiap smartphone dilengkapi kabel data, akan lebih aman jika pemindahan data dari kartu memori menggunakan kabel data.

* Cara Memindahkan yang tidak tepat

Untuk memindahkan kartu memori hp, HP harus dalam keadaan off. Matikan dulu hpnya, tunggu kira-kira 30 detik, sebelum mengeluarkan memory card. Ini dimaksudkan agar semua data telah tersimpan sempurna di memory card sebelum kartu memorinya dicabut dari hp.

* Minyak / Kotoran

Minyak dan kotoran dapat mengganggu penyimpanan data di memory card. Karena itu pastikan tangan anda bersih ketika memegang memory card, selain itu juga pastikan tempat memasang memory card dalam keadaan bersih pula.

* Terkena Virus

Saat ini dengan penggunaan hp untuk browsing, dan juga menghubungkannya ke pc atau laptop, kartu memori hp jadi rentan terkena virus. Jika hp anda cukup canggih, pasanglah anti virus di hp, jika tidak, paling tidak anda scan memory card anda setiap kali terhubung ke PC. Hati-hati, virus bisa merusak data-data yang tersimpan dalam kartu memori hp.

* Terpapar Medan Magnet

yang ini juga penting, kerja penyimpanan file dalam memory card ialah menggunakan elektromagnet, jadi jika memory card terkena medan magnet, maka akan cepat rusak. Karena partikel-partikel dan file-file yang ada didalamnya bisa ikutan tertarik daya magnet. Jadi usahakan menjauhkan benda-benda yang mempunyai daya magnet dari memory card.
* Bekerja sangat keras

Kartu memori juga perlu istirahat, jadi jika anda kebiasaan memutar file-file musik atau video hingga berjam-berjam, ini akan mengurangi umur dari memory card. Bukannya tidak boleh, karena itu memang fungsinya, tapi bijak-bijaklah mengistirahatkan memory card anda pekerjaan keras :-D

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini