6 Fakta Unik Tentang Laron



Siapa sih yang tidak tau laron? Kita semua pasti tahu laron. Serangga yang muncul di malam hari dan selalu mencari sumber cahaya untuk berkumpul. Setiap laron muncul, pasti dalam jumlah yang banyak. Tentunya kita pasti kerepotan dengan banyaknya laron tersebut.

Kemarin malam di kosan saya di datangi banyak sekali laron (yang menginspirasi saya untuk menulis artikel ini). Begitu segerombolan laron datang, setiap rumah pasti cepat-cepat mematikan lampu rumahnya agar tidak didatangi laron. Tapi, apakah kalian pernah berpikir, kenapa laron berkumpul di sumber cahaya, seperti lampu? Atau kenapa laron selalu menggugurkan sayapnya malam itu juga? Atau tahukah anda bahwa laron itu hidup cuma satu malam? Kali ini saya akan membahas tentang fakta-fakta unik tentang laron yang mungkin untuk sebagian orang belum mengetahui faktanya.

 

1.  Laron adalah Rayap

Laron adalah rayap jantan dan betina yang sudah matang. Rayap akan memiliki sayap ketika dia telah memasuki usia matang untung melakukan reproduksi membentuk koloni baru.

 

2.  Laron Keluar pada awal Musim Penghujan

Rayap jantan dan betina yang sudah matang dan memiliki sayap akan keluar di awal musim penghujan. Sehingga kedatangan laron sering dianggap sebagai pertanda awal musim penghujan.

 

3.  Laron berkumpul untuk Mencari Pasangan

Pada awal musim penghujan, rayap yang telah dewasa (atau laron) akan keluar dari sarang dan mencari pasangannya dengan berkumpul di sekitar sumber cahaya.

 

4.  Laron Hanya Hidup Satu Malam

Sebenarnya laron atau juga rayap dewasa tidaklah hidup satu malam. Laron adalah rayap, dan tentunya dia telah hidup lama sebelum menjadi laron. Laron yang mati adalah laron yang tidak menemukan pasangannya akan mati saat fajar tiba. Sedangkan laron yang menemukan pasangannya akan membentuk koloni baru dan laron betina atau rayap betina akan menjadi ratu di koloni barunya.

 

5.  Laron Jadi Peyek

Bagi yang belum tahu mungkin peyek Laron ini agak sedikit mengagetkan. Namun, hal itu memang ada. Penduduk desa masih banyak yang membuat peyek/rempeyek dari laron. Dan katanya rasanya seperti peyek udang (saya sih belum pernah mencoba, hehe).

 

6.  Laron jadi Umpan Memancing.

Laron juga bisa digunakan sebagai umpan memancing. Ikan yang biasanya memakan umpan ini adalah ikan mujair dan ikan nila.

 

Kesulitan mendapatkan jawaban atas pertanyaan anda ???
cari saja disini